Jumat, 12 Mei 2017

Kiamat Kubra

Diposting oleh Unknown di 20.12
BAB II
PEMBAHASAN

1.1  Pengertian Iman Kepada Hari Akhir (Hari Kiamat).
Iman, pengertian Iman menurut bahasa adalah “percaya/meyakini”.  Sedangkan Hari Akhir adalah dimana seluruh alam semesta akan hancur, dan ketentuan itu  sudah dirumuskan oleh Allah SWT. Jadi beriman kepada Hari Akhir adalah meyakini dan mempercayai bahwasanya hari akhir pasti akan tiba yang sesuai dengan keterangan-keterangan Allah melalui firman-firmanya dalam Al-quran.
Beriman kepada hari akhir termasuk salah satu rukun iman yang ke enam, kita wajib beriman pada suatu saat Allah akan menentukan hari kiamat atau hari akhir, yakni hancurnya alam semesta tanpa ada yang ketingalan sedikitpun, sebagai awal adanya alam akhirat. Sesutu yang telah dijanjikan oleh Allah pasti adanya firman Allah dalam surat Al-Hajj ayat 7. Yang artinya:
Dan sesungguhnya hari kiamat pasti akan datangnya dan bahwsanya Allah membangkitkan semua orang didalam kubur.
Hari kiamat adalah hari kebangkian manusia dari kubur kemudian dihisab atau dihitung amal perbuatanya semasa hidupnya, amal baik memperolah balasan baik, sedangkan amal jahat memperoleh balasan siksa.Pada hari itu merupakan hari penghisapan dunia yang sesudahnya tidak ada lagi dan sebagai awal hari akhirat yang ditunggu manusia, karena hari akhirat adalah hari kelanjutan dunia.kapankah hari kiamat itu ? Sesugguhnya hanya Allah yang maha mengetahui.
Kedahsyatan hari kiamat mampu meluluhlantakan segala yang ada dialam semesta ini. Al-Quran telah memberikan gambaran dalam surat Al-qoriah ayat 1-4: yang artinya:
Hari kaimat, Apakah hari kiamat itu ?. Taukah kamu apakah hari kiamat itu?Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihamburkan.
Setelah semua makhluk mati dan hancur, maka digantikanlah dengan alam lain yang baru sama sekali, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran surat Ibrohim Ayat 48. yang artinya:
Pada hari itu bumi diganti dengan bumi lain, dan demikian pula langit diganti dengan langit yang lain. Mereka semuanya berkumpul (dipadang masyar) menghadap kehadirat Allah yang maha esa lagi maha perkasa.
2.2  Pengertian Kiamat Kubra.
Kiamat kubra ini dapat disebut dengan kiamat besar. Definisinya adalah peristiwa hancurnya alam semesta dengan semua isinya termasuk bumi, matahari, dan planet-planet lainnya. Ada banyak sekali dalil tentang kiamat kubra ini, diantaranya adalah pada Q.S. Al - Qori'ah ayat 4 dan 5 yang artinya :
Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebangan. (Ayat 4)
Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. (Ayat 5)
1.1  Tanda-Tanda Kiamat Kubra.
Tanda-Tanda Kiamat Kubra Menurut Al-Qur’an Hadits
1.      Matahari terbit dari ufuk barat
Nabi bersabda : ‘’ tidak akan terjadi hari kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat. Maka apabila terbit dari sebelah barat, lalu para manusiapun akan beriman seluruhnya. Akan tetapi yang kelakuan demikian itu disaat tidak berguna bagi keimanan seseorang yang belum pernah beriman sebelum beriman setelah kejadian tersebut atau memang berbuat kebaikan dengan keimanan yang sudah dimilikinya itu.’’ (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud)
2.      Munculnya binatang ajaib atau melata yang dapat berbicara dengan manusia
Bersumber dari QS. An-Naml ayat 82 ‘’dan apabila perkataan telah jauh atas mereka, kami keluarkan binatang melata dari bumi yang akan mengatakan dari mereka.’’ Binatang melata dikeluarkan dari kota Mekah di gunung shafa sambil berbicara dengan kata – kata yang fasih, sedang bumi penuh dengan keadilan. Daabbatul ardhi  ( binatang melata) itu membawa tongkat Nabi Musa as dan cincin Nabi Sulaiman as.
3.      Keluarnya imam Mahdi
Imam Mahdi termasuk dari lingkungan ahlul bait atau keluarga Rasulullah Saw, yakni putri beliau yang bernama Fatimah. Ia menyerupai Rasulullah dalam budi pekertinya namun tidak pada bentuk dan rupanya. Beliau akan menegakkan lagi sunah – sunah Rasulullah yang mulai banyak berubah dan menegakkan syariat islam. Dalam hadis dikatan bahwa ia akan berkuasa selama tujuh tahun.
4.      Keluarnya dajjal
Dajjal artinya banyak dustanya atau banyak penipuannya. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa dajjal pengikutnya sebagian besar bangsa Yahudi. Ia akan membawa api dan air, maka apa yang dilihatkan air itu sebenarnya api yang membakar dan api yang dilihat oleh orang banyak sebenarnya api itu adalah air yang dingin dan tawar. Maka sebaiknya siapa yang menemuinya hendaklah mengambil air tawar.
Dikala itu ia mengaku sebagai Tuhan dan berkuasa keras agar seluruh umat manusia mengikuti ajarannya. Ia akan berusaha agar manusia berpaling dari agama yang benar. Selain itu, ia juga akan membuat kenehan yakni hal – hal yang luar biasa yang dipertontonkan kepada manusia. Banyak orang yang akan terperdaya oleh Dajjal kecuali orang – orang mukmin yang diteguhkan hatinya oleh Allah SWT. Ia akan terbunuh oleh kaum mukmin dibawah pimpinan Nabi Isa as.
5.      Turunnya Nabi Isa as
Nabi Isa as akan turn di negri Syam dimenara putih dan akan keluar pada saat Dajjal sedang jaya – jayanya dan amat berkuasa sekali. Beliau akan membunuh Dajjal dan beliau akan menjadi hakim yang adil serta menjadi pemimpin yang memutuskan sesuatu dengan jujur. Beliau juga akan membuat makmur manusia sehingga saking makmurnya, tidak ada lagi orang yang mau menerima sedekah. Pada waktu itu, sujud lebih bernilai dari pada dinia dan seisinya.
6.      Keluarnya bangsa Ya`juj dan Ma’juj
Ayat yang menyinggung tentang Ya’juj dan Ma’juj terdapat dalam surat Al-Khafi ayat 98-99. Berdasarkan beberapa hadis dapat disimpulkan pada zaman Raja Zulkarnaim terdapat dua Bangka yakni Ya’juj dan Ma’juj. Perilakunya gemar sekali membuat kerusuhan dan onar Negara. Ya’juj dan Ma’juj ialah dua anak cucu Adam keturunan dari bangsa Turki dan bangsa Yafit bin Nuh. Mereka terkurung dibelakang dinding yang dulunya di bangun oleh Zulkarnaim untuk mereka karena mereka banyak berbuat kejahatan dan kerusakan. Dinding penghalang tersebut dibangun di dua gunung yang besar dan sangat kokoh sehingga mereka tidak bias memanjat dinding tersebut.
7.      Keluarnya asap atau dukhan
Dalam QS Al-Dukhan ayat 10-12 dijelaskan bahwa asap akan menutupi umat manusia ini merupakan azab yang pedih yang dialami umat manusia. Menusia berkata ‘’ Wahai Tuhan kami, semoga Engkau melenyapkan siksa ini dari kami semua. Sesungguhnya kami ini adalah orang – orang yang beriman.’’
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Hudzaifah disebutkan bahwa pada waktu itu asap akan menutupi seluruh alam semesta dari timur sampai barat selama 40 hari. Bagi orang mukmin, asap itu hanya sebagai pilek namun bagi orang kafir asap itu membuat ia mabuk dan asap itu akan keluar dari hidungnya, kedua matanya, telingnya, bahkan dari duburnya.
8.      Terpecahnya bulan
Dierangkan dalam QS Al-Qomar ayat 1 yang artinya : ‘’telah dekat datangnya saat (kiamat) itu, dan telah terbelah bulan.
9.      Terdengarnya tiupan terompet sangkala
Kejadian hari kiamat itu begitu dahsyat dan hebat , sehingga tidak bias digambarkan atau diperkirakan dengan jelas – sejelasnya. Datangnya kiamat ditandai dengan tiupan sangka kala seperti dalam firman Allah QS An-Naml ayat 87 yang artinya : ‘’ dan ingatlah hari (ketika) ditiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang di langit dan di bumi, kecuali siapa yang di kehendaki Allah. Dari semua mereka menghadap-Nya dengan merendah diri.’’
Dari Ibnu Abbas ra, Nabi bersabda : ‘’Tatkala Allah telah menciptakan langit dan bumi, maka ia menciptakan terompet. Dan terompet itu mempunyai sebelas bundaran, kemudian Allah memberikan terompet itu kepada malaikat Israfil, sedang Israfil meletakkan pada mulutnya serta pandangannya diarahkan ke Arsy, sambil menanti kapan ia di perintah.’’
Nabi bersabda : ‘’ terompet itu ialah tanduk besar dari cahaya. Demi dzat yang telah mengutus saya sebenarnya sebagai Nabi, besar masing – masing bundaran didalam terompet itu seperti lebarnya langit dan bumi. Terompet itu akan di tiup sebanyak tiga kali yaitu tiupan mengejutkan dan menakutkan, tiupan kematian, dan tiupan kebangkitan.
2.4  Perbedaan Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra
1.      Moment yang berbeda
Kiamat sugra bisa terjadi berkali –kali dalam sejarah peradapan dunia, sementaa kiamat kubra terjadi sekali, pada hari dimana seluruh alam dunia dan seisinya dihancurka sama sekali. Hari kiamat tidak bias diketahui pasti, namun hari kiamat wajib diyakini kedatangannya oleh umat islam sebagai salah satu rukun islam.
2.      Dalam pengertiannya
Kiamat sugra atau kiamat kecil adalah bencana alam besar yang terjadi karena sebab – sebab tertentu. Secara umum sebab terjadinya kiamat kecil adalah azab Allah, untuk menandakan akhir zaman yang semakin dekat, juga karena kebatilan semakin merebak diseluruh dunia. Kiamat sugra terjadi berulang – ualang, sebagai tanda dari Allah untuk mengingatkan manusia. Sementara kiamat kubra hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, dan seluruh umat manusia binasa untuk dibangkitkan kembali. Sebagai seorang makhluk yang menjalani nisab, atau perhitungan terakhir sebelum akhirnya masuk surge atau neraka.
3.      Dari tanda – tandanya
Tanda – tanda sebagian kiamat sugra telah terjadi, sedang terjadi, dan beberapa akan terjadi dimasa depan. Kiamat sugra adalah sekaligus pengingat yang membuat manusia selalu memperbaiki dunia ini, saat merka hampir menghancurkannya. Sedangkan tanda – tanda kiamat kubra belum dipastikan terjadi atau belum, namun diyakini belum terjadi.
4.      Melihat tujuan kiamat sugra dan kubra
Kiamat sugra di datangan oleh Allah, sebagai sunatullah, yang berfungsi untuk mengingatkan manusia ketika sudah terlalu banyak yang lali. Semantara itu, fungsi kiamat kubra yaitu untuk memperlihatkan bahwa semuanya akan berakhir, dan tidak akan pernah terulang lagi. Meskipun waktu terjadinya belum di ketahui pasti, namun perbedaan kiamat sugra dan kubra bias menjadi motivasi bagi seluruh umat muslim atau umat yang beragama lainnya, untuk tidak melupakan jati dirinya yang fana. Umat islam akan di musnahkan dengan mudah, dank arena itulah kita tidk boleh sombong dalam mengatur kehidupan di dunia.
5.      Kiamat kubra membutuhkan anomaly alam
Dalam ilmu aqidah islam, tanda – tanda kiamat kubra baru akan dimulai saat terjadinya tanda pertama, saat matahari terbit dari barat. Jika tanda tersebut sudah muncul maka tanda – tanda lain akan mulai bermunculan. Namun ada pula golongan tertentu yang meyakini jika sering munculnya kiamat sugra juga menjadi tanda – tanda kiamat kubra yang akan dating lebih cepat.
2.5  Peristiwa Setelah Hari Akhir
1.      Alam Barzah
Alam barzah juga disebut alam kubur. Di alam barzah manusia sudah dapat merasakan balasan amal baik dan buruk. Firman Allah SWT yang artinya :
“Agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada barzah (dinding pemisah) sampai hari mereka dibangkitkan.” (QS. Al-Mukmin : 100)
2.      Nafkhotan
Yakni peniupan 2 kali sangkakala,oleh malaikat israfil. Tiupan pertama,semua makhluk dimatikan oleh Allah SWT, dan yg kedua dihidupkan kembali Oleh Allah SWT. selisih waktunya 40 puluh (entah hari ,bulan atau tahun)
3.      Yaumul Ba’ats
Adalah hari dimana semua makhluk akan dibangkitkan dari alam kubur. Waktu dibangkitkan nanti, kondisi seluruh manusia akan berbeda-beda. Perbedaan bentuk tubuh dan ruh mereka akan tergantung dari keimanan dan amal perbuatannya. Orang yang teguh imannya , baik amal perbuatan, serta suci jiwanya maka ia akan dibangkitkan dalam bentuk tubuh dan ruh yang sempurna. Sebaliknya orang yang rusak, buruk amal perbuatannya, kotor jiwanya, maka ia dibangkitkan dengan tubuh dan ruh yang tidak sempurna. Firman Allah SWT yang artinya :
“Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, agar kepada mereka itu dapat diperlihatkan amalan-amalannya yang sudah-sudah.” (QS. Az-Zalzalah : 6)
4.      Yaumul Masyar
Hari dikumpulkan nya manusia dipadang mahsyar untuk diadili,semua manusia pada saat itu sangat payah,karena matahari di dekatkan kepada manusia,dan manusia dibanjiri keringat,namun Allah akan memberi pertolongan kepada 7 golongan,yang sudah dijelaskan di episode sebelumnya. Firman Allah SWT yang artinya :
“…….. Dan kami kumpulkan seluruh manusia dan tidak kami tinggalkan seorang pun dari mereka.” (QS. Al-Kahfi : 47)
5.      Syafaat Udma
Pertolongan oleh Nabi Muhammad SAW, untuk menyelamatkan orang yg ahli surga,agar segera dimasukan ke tempat penuh kelezatan,dan diringankan dosanya.
6.      Yaumul Hisab
Adalah hari perhitungan, semua amal perbuatan manusia di dunia akan diperhitungkan. Setiap orang akan menerima catatan/rekaman amal perbuatan selama di dunia. Catatan/rekaman itu diberikan kepada masing-masing orang dalam posisi yang berbeda. Ada yang menerima dari kanan dan ada yang dari kiri. Ada yang menerima dengan gembira dan ada pula yang penuh ketakutan.Semua bibir terkunci,hanya anggota tubuh yg bersaksi. Firman Allah SWT yang artinya :
“Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya.” (QS. Al-Mukmin : 17)
7.      Yaumul Mizan
Penimbangan amal, dimana amal perbuatan manusia diperhitungkan bobotnya dengan timbangan keadilan Allah. Timbangan keadilan Allah memiliki ketepatan yang tidak mungkin meleset sedikit pun. Semua amal perbuatan manusia dari yang terkecil sampai yang terbesar ditimbang dengan timbangan tersebut. Firman Allah SWT yang artinya :
“Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan.” (QS. Al-Anbiya : 47)
8.      Ita-ul kitab
pemberian buku catatan amal manusia.
9.      Haudl telaga
Setiap nabi memiliki telaga untuk memberi minum umatnya,hanya ahli surga saja yg diizinkan.
10.  Shirot
Shirot adalah jembatan yang terletak diatas neraka menuju surga, dan semua orang yang akan melalui nya. Suatu riwayat menerangkan bahwa shirot itu panjang sekali jaraknya, tajamnya tutjuh kali lipat dari pisau yang paling tajam, sekecil-kecilnya rambut dibelah menjadi tujuh, dan di setiap pos terdapat sebuah hambatan yang hendak menarik ke neraka bagi orang yang berdosa.
11.  Surga dan Neraka :
Surga adalah suatu tempat yang penuh dengan kesenangan dan kesenangan didalamnya, membahagiakan dan mensejahterakan , segala yang diminta secepatnya akan terwujud yang selamanya tidak pernah mengecewakan , dan barang siapa yang ada didalam nya akan kekal disana. Firman Alloh dalam surat AL-bayyinah ayat 8: yang artinya : ( Balasan merek ada disisi tuhan ialah surga ‘Adn yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Alloh ridho terhadap mereka dan merekapun ridho kepanya.Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang-orang yang takut kepada tuhanya).
Adapun neraka adalah tempat penyiksaan.Neraka merupakan tempat pembalasan alloh terhadap orang-orang yang durhaka kepadanya.Orang yang masuk didalamnya berbeda-beda, ada yang kekal dan ada pula yang sementara.
2.6  Fungsi Iman Kepada Hari Akhir
a.       Menambah iman serta ketaqwaan kepada Allah SWT
b.      Lebih taat kepada Allah dan Rasulullah SAW dengan menghindarkan diri dari perbuatan maksiat
c.       Menjadikan seseorang lebih meyakini adanya kehidupan berikutnya (kebangkitan).
d.      Meyakini bagian-bagian dari peristiwa hari akhir, seperti adanya hisab (perhitungan), mizan (tibangan amal), surga dan neraka sebagai konsekuensi sebagai manusia untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatan-perbuatanyya selama hidup di dunia.
e.       Memberi dorongan untuk bersikap disiplin, taat, dan patuh menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya serta takut terhadap azab Allah.
f.       Mendorong untuk selalu berbuat baik (beramal saleh) karena semua amal perbuatan manusia selama hidup di dunia akan mendapatkan balasan.
g.      Iman kepada hari akhir akan memiliki nilai positif bagi hidup dan kehidupan manusia di dunia melalui kesadarannya untuk beperilaku sebagai berikut:
1.      Selalu bertindak hati-hati dengan mendasarkan kesadaran yang tinggi dan iman yang baik sesuai dengan ajaran Islam.
2.      Selalu berdisiplin dan mematuhi ajaran agama Allah, karena mengrtahui segala prerbuatan akan selalu dipantau , dicatat, dan diperhitungkan pada pengadilan akhirat kelak.
3.      Memiliki pandangan hidup optimis dan raja atau penuh pengharapan bahhwa kelak Allah pasti akan memberi balasan yang setimpal atas perbuatan manusia sesuai dengan janji-Nya.
4.      Memiliki dorongan untuk merasakan kenikmatan dan merasakan siksaan. Adanya gambaran surga dan neraka akan membuatnya selalu ingin melaksanakan kebaikan dan tidak melaksanakan dosa dan kemaksiatan.
5.      Menyadarkan manusia dari sifat lupa diri terhadap kesenangan dunia dan berusaha menyelaraskan kebutuhan dunuaiwi dan ukhrawi.
6.      Menghilangkan sifat egois dan berusaha memupuk sifat sosial agamis, yakni mengutamakan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau berbuat demi kemaslahatan teman.
2.7  Hikmah Iman Kepada Hari Akhir
1.      Memperoleh ketentraman dan ketenangan.
2.      Memperoleh keyakinan bahwa Allah SWT akan membalas segala perbuatan manusia, baik maupun buruk.
3.      Berperilaku baik.
4.      Berani dalam membela kebenaran dan rela berkorban.
5.      Tidak iri terhadap kenikmatan orang lain.
6.      Terhindar dari sifat tamak, rakus dan kikir.





BAB III
PENUTUP
2.1  Kesimpulan
1.      Pengertian Iman Kepada Hari Akhir
Iman, pengertian Iman menurut bahasa adalah “percaya/meyakini”.  Sedangkan Hari Akhir adalah dimana seluruh alam semesta akan hancur, dan ketentuan itu  sudah dirumuskan oleh Allah SWT. Jadi beriman kepada Hari Akhir adalah meyakini dan mempercayai bahwasanya hari akhir pasti akan tiba yang sesuai dengan keterangan-keterangan Allah melalui firman-firmanya dalam Al-quran.
2.      Pengertian Kiamat Kubra
Kiamat kubra ini dapat disebut dengan kiamat besar. Definisinya adalah peristiwa hancurnya alam semesta dengan semua isinya termasuk bumi, matahari, dan planet-planet lainnya.
3.      Tanda-Tanda Kiamat Kubra
1.      Matahari terbit dari ufuk barat
2.      Munculnya binatang ajaib atau melata yang dapat berbicara dengan manusia
3.      Keluarnya imam Mahdi
4.      Keluarnya dajjal
5.      Turunnya Nabi Isa as
6.      Keluarnya bangsa Ya`juj dan Ma’juj
7.      Keluarnya asap atau dukhan
8.      Terpecahnya bulan
9.      Terdengarnya tiupan terompet sangkala
4.      Perbedaan Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra
Perbedaan
Kiamat Sugra
Kiamat Kubra
Momen atau Waktu
Bisa terjadi berkali-kali
Hanya terjadi sekali
Pengertian
Kiamat kecil
Kiamat besar
Tanda-tanda
Telah, sedang, atau akan terjadi
Belum tahu kapan akan terjadi
Tujuan
Mengingatkan manusia
Memperlihatkan kepada manusia
Anomaly alam
Tidak membutuhkan
Membutuhkan
5.      Peristiwa Setelah Hari Akhir
1.      Alam Barzah
2.      Nafkhotan
3.      Yaumul Ba’ats
4.      Yaumul Masyar
5.      Syafaat Udma
6.      Yaumul Hisab
7.      Yaumul Mizan
8.      Ita-ul kitab
9.      Haudl telaga
10.  Shirot
11.  Surga dan Neraka
6.      Fungsi Iman Kepada Hari Akhir
·         Menambah iman serta ketaqwaan kepada Allah SWT
·         Lebih taat kepada Allah dan Rasulullah SAW dengan menghindarkan diri dari perbuatan maksiat
·         Senantiasa hidup dengan hati-hati, waspada, dan selalu meminta ampunan kepada Allah SWT
·         Memberi motivasi untuk beramal dan beribadah karena segala perbuatan baik akan mendapat balasan di akhirat
·         Selalu menghiasi diri dengan berzikir kepada Allah SWT sehingga jiwa menjadi tenang
7.      Hikmah Iman Kepada Hari Akhir
·         Memperoleh ketentraman dan ketenangan.
·        Memperoleh keyakinan bahwa Allah SWT akan membalas segala perbuatan manusia, baik maupun buruk.
·         Berperilaku baik.
·         Berani dalam membela kebenaran dan rela berkorban.
·         Tidak iri terhadap kenikmatan orang lain.
·         Terhindar dari sifat tamak, rakus dan kikir.

DAFTAR PUSTAKA




0 komentar:

Posting Komentar

 

My Writting Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review